RoTIFreSh February 2010: Venus in Cyber
RoTIFreSh selalu mengadakan acara reguler tiap bulan dengan tema yang berbeda. Setelah bulan Januari lalu sukses mengangkat tema Just Click, prediksi-prediksi dunia online yang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang bisnis dan peluang bisnis baru tahun 2010. Untuk bulan Februari ini RoTIFreSh mengangkat tema Venus in Cyber yakni kisah sukses para wanita yang berhasil memanfaatkan media online untuk menunjang karir dan kerja mereka.
Acara yang berlangsung di Hotel Santika Premiere Semarang ini dimulai sekitar pukul 14.00. Tak seperti acara RoTIFreSh edisi sebelumnya yang selalu akrab dengan hujan, kali ini mitos Februari hujan sehari-hari tidak berlaku. Cuaca Semarang tampak cerah. :)
Acara dibuka dengan pengenalan singkat RoTIFreSh dengan menampilkan cuplikan video kegiatan sebelumnya. Kemudian masuk ke acara inti, yang berkesempatan pertama membagikan kisah sukses adalah Linda Leenk, seorang mantan mahasiswi yang sukses memanfaatkan social media sebagai sarana penunjang usaha onlineshopnya. Usaha ini sudah dirintis sejak tahun 2008. Melalui blognya, Linda menjual beraneka macam produk fashion. Hasilnyapun lumayan, ia memberikan sedikit bocoran omzet perbulan bisa mencapai tujuh digit.. Sungguh hasil yang luar biasa untuk ukuran usaha yang dikelola oleh personal. Bisnis online sangat menjanjikan bila dikelola dengan serius. Tertarik kan?
Selanjutnya giliran Menik Ferdiansyah, seorang ibu rumah tangga dan pemilik keyshasnack.com mengisahkan pengalamannya, usaha cateringnya sudah dimulai empat tahun silam dimulai dengan searching resep masakan di internet. Mobilitas orang yang semakin tinggi adalah salah satu alasan mengapa usaha snacknya di onlinekan. Melalui media onlinelah usahanya terkenal dimana-mana.
Acara diselingi coffe break. Sambil menikmati hidangan yang tersedia, tukang roti membagikan doorprize. Ada tiga doorprize yang diundi, dan kesemuanya diraih oleh teman-teman dari Internet Club. Wow, semua diborong. Selamat ya. :)
Selanjutnya adalah sesi Iim Fahima, seorang Online Marketing dan Communication Strategist sebuah perusahan konsultan virtual, menurutnya mindset itu sangat penting dalam menjalankan suatu usaha. Jangan takut gagal, mindset gagal harus dirubah, kegagalan adalah bagian dari proses. Ia juga menambahkan, bahwa modal utama adalah ide. Bukan uang. Ide itu mahal dan lebih susah daripada uang. Kunci utama dalam bisnis adalah membangun kepercayaan dengan relasi, diantaranya dengan cara bergabung kedalam forum dan promo melalui sosial media. Bisnis offline ternyata tak kalah penting sebagai penunjang membangun branding. Yang terpenting adalah action now!
Acara RoTIFreSh berjalan santai, tidak seperti seminar yang terasa tegang. Meski demikian materi yang disajikan tetap berbobot.
Sampai jumpa di acara RoTIFreSh berikutnya ya.. :)
Salam
Chef
*Foto menyusul*
Taken from: source